Tuesday, May 20, 2014

Pameran Besar Senirupa Indonesia MANIFESTO N0. 4 : Keseharian

Mari sejenak kita berkunjung ke MANIFESTO, tahun ini ialah tahun ke-4 nya. 79 peserta pameran ini ialah seniman muda dan sebagian lainnya 5 perupa commision artist. Berbagai macam bentuk karya dapat ditemukan di semua ruang di Galeri Nasional yang terletak tepat di seberang Gambir ini, patung, lukisan, kriya, seni cetak, fotografi, video art, objek dan seni instalasi semua yang ingin diketahui tentang senirupa itu seperti apa dan pesannya dari "keseharian" yang diperspektifkan secara ke-kini-an oleh para seniman2 ini, yah langsung saja merapat lah karena pameran masih berlangsung sampai dengan 7 Juni 2014 nanti.

Begitu datang ke Galeri Nasional mata akan langsung tersita dengan melihat sebuah karya dari Kemal Ezedine "Grind". Totally full colours dan sangat besar sekali. Seru nih kesini lagi trus bawa papan & foto2 disini hehhee..



Mulai memasuki area Gedung A, alihkan pandanganmu kebawah dan perhatikan kedalam ilustrasi2 gambar disana.


Okey mari kita lihat karya - karya yang ada di Gedung A ini :)




Ngarep ceritanya ini adalah studio saya sendiri :p














Lalu kita tengok ke Gedung B




Karya berikut ini ialah karyanya Emte. Seniman favorit saya yang konsisten banget dibidangnya hehehe.. ilustrasi with watercolour :)


Nah ini nih!!! Karya favorit saya! Dari Risa Astrini - Kidang Abiseka ( fiberglass, acrylic paint, UV LAMPS ). Hanya ada 1 karya dia seorang di 1 bilik kecil berukuran kira2 3 x 4 m di bagian pojok Gedung B ini. Ruangan gelap hanya karya yang disinari UV & kemudian menyala ini sangat menarik sekali. Love it!


Sekarang Gedung C, yuk.

Nah, 3 karya dari Antonio S Sinaga nih. Apa coba yang paling menarik sebenarnya? quote2nya hehe..dan yeah kesemua muka objek dipakein topeng.




Ruang yang sangat playfull dari Bing ini sangat seru, tts nya bener2 bisa diisi lho



Cut and Rescue - Pelatih Serangga, hmm...uda kya pasar deh ahhahahhaaa...rame banget pernak pernik dan beneran ada serangganya.









Kayaknya sih ini bagian dari performance art di opening aja kan ya. Gak mungkin orang ini duduk sendiri numbuk2 kapur putih disana terus ampe 7 Juni? *teeeeeeeeeet*





Seru yah pameran MANIFESTO ini. Tetap semangat dan dukung perkembangan Senirupa di Indonesia! :)

No comments: